Pages

Subscribe:

Selasa, 06 November 2012

Pengaruh Facebook


Beberapa pengaruh penggunaan dan penyalahgunaan Facebook di kalangan anak muda yaitu kurangnya waktu untuk belajar dan mengerjakan  tugas, kurangnya waktu untuk bersosialisasi dan berinteraksi secara langsung dengan orang lain dan lingkungan, membuat lupawaktu sehingga pola hidup tidak teratur, masyarakat terbiasa melalukan hal-hal dengan praktis, sehingga tidak termotivasi untuk melakukan hal-hal yang sulit, financial yang terkesan membuang-buang uang. Contoh-contoh penyalahgunaan Facebook seperti penyebaran foto-foto yang tidak sopan, perceraian, karena dapat berteman dan berkomunikasi secara bebas, situs pertemanan seperti facebook dapat menimbulkan kecemburuan dan perselingkuhan, menyebabkan seseorang mengalami kesulitan untuk membedakan halnyata dan tidak nyata,yaitu gejala penyakit neurotik  skizofrenia, membuat seseorang menjadi ingin tahu urusan orang lain,Beredar banyak kata-kata kasar, Pamer, Sering dijadikan ajang untuk membicarakan narkoba dan seks, darisebuah studi yang dilakukan oleh ilmuwan asal University of Washington, terungkap kalau 54 persen remaja yang tergabung di Facebook dan Myspace, sering membicarakan hal yang sensitif seperti narkoba dan seks di forum ini, menyebabkan gejala kenarsisan. Para peneliti mengatakan bahwa jumlah pesan dan postingan di halaman 130 pengguna Facebook sangat berkorelasidengan seberapa narsisnya mereka. Pimpinan studi Laura Buffardi Ph.D. mengatakan bahwa inisetara dengan seberapa narsisnya mereka di dunia nyata. Orang yang narsis di Facebook bisaditandai dengan tampilan yang
 glamour 
pada foto diri utama mereka. Di studi terdulu, ilmuwanmenemukan bahwa halaman personal Web sangat popular di kalangan kaum narsis, namun bukan berarti semua pengguna Facebook adalah narsis. Ditemukan, bahwa orang narsis bisa jaditerlihat sangat menarik, narsis bisa diarahkan ke hal yang positif jika ditujukan kepada kegiatandan hal-hal yang positif, biasanya orang-orang ini tergolong kreatif.Selain dampak negatif, Facebook mempunyai dampak positif. Dampak Positif dariFacebook yaitu :
1.Facebook sebagai media komunikasi, merupakan fungsi Facebook yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna Facebook dapat berkomunikasidengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2.Media pertukaran data, dengan menggunakan Facebook para penggunanya diseluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
3. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di Facebook sehingga manusia tahuapa saja yang terjadi.
4. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan,dan lain-lain.
5.Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak  perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.

Pengaruh facebook terhadap Remaja
Di kalangan remaja facebook sangat diminati, terlihat dari antusias mereka yang sangatsering menggunakan jaringan sosial ini untuk berkomunikasi dengan teman-teman mereka.Bahkan terkadang sampai ada yang lupa waktu jika telah bermain dengan jaringan sosial yangsatu ini. Hal ini tentu saja dapat berdampak pada diri remaja tersebut. Misalnya saja bagi merekayang lupa waktu jika sudah kecanduan facebook, hal ini tentu saja dapat membuang waktumereka. Waktu yang seharusnya digunakan untuk belajar, malah digunakan untuk bermain didunia maya ini secara langsung hal ini akan mengakibatkan penurunan prestasi yang dimiliki remajatersebut. Namun sisi lain facebook juga memiliki dampak positif, diantaranya adalah bahwadengan facebook seseorang dapat berkomunikasi kembali dengan teman lamanya yang mungkinsaja sudah lama tidak bertemu. Dengan facebook juga dapat membentuk suatu obrolan antar teman yang tentu saja hal ini dapat menjaga hubungan silaturahmi seseorang. Melihat daridampak negatif dan positif yang ditimbulkan oleh Facebook kini tergantung dari bagaimana kitamenyikapi serta menggunakan facebook tersebut secara bijak.


Daftar Pusaka


0 komentar:

Posting Komentar